Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Mahasiswa Baru yang Berprestasi

Cara Menjadi Mahasiswa Baru yang Berprestasi

Membiasakan kehidupan baik memang tidak mudah, namunn bukan berarti tidak bisa? Karena selama ada tujuan dan visi apa yang kita mau bisa tercapai. Salah satu yang bisa menjadi idaman bagi mahasiswa baru adalah menjadi mahasiswa berprestasi, maksudnya adalah menjadi mahasiswa yang bisa mendapatkan beasiswa, organisasi, dan juara pada beberapa bidang selain nilai pada mata kuliah (IPK).

Menjadi mahasiswa berprestasi bisa dimulai dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik sebagai mahasiswa, misalnya datang tepat waktu, mengerjakan tugas pada waktunya, dan sejenisnya. Selain itu mahasiswa bisa memulai dengan mencari informasi terkait informasi menjadi mahasiswa berprestasi dengan berorganisasi dan berdiskusi dengan kakak mahasiswa yang menjadi mahasiswa berprestasi.

Sering tidak seimbang antara organisasi dan akademik yang menjadikan mahasiswa berprestasi dalam sebuah bidang non-akademik berprestasi namun kegiatan akademik tidak, atau sebaliknya. Kondisi seperti ini yang perlu untuk di perhatikan agar kedua sisi mahasiswa baik akademik dan non-akademik bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Selain itu proses belajar juga sangat penting, misalnya menuntaskan tugas kuliah maksimal pada satu hari itu juga, sering mencari literasi di perpustakaan, dan diskusi dengan kelompok, dan lainnya. Perlu juga melakukan manajemen waktu atau agenda dengan mencatat semua agenda yang harus dilakukan pada sebuah bloknote atau catatan saku untuk mengingatkan diri.

Proses diatas memang tidak muda karena biasanya berjalan ketika kita sebagai mahasiswa menjalani semester 1-4, selebihnya akan terasa malas dan kegiatan organisasi juga akan semakin banyak. Disini ujian menjadi mahasiswa berprestasi akan di uji dalam memanajemen diri, evaluasi, dan berorganisasi. Demikian beberapa pengalaman penulis yang bisa menjadi inspirasi dalam menjadi mahasiswa berprestasi. Semoga bermanfaat.