Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Media Jurnalis untuk Merubah Sudut Pandang

Media Jurnalis untuk Merubah Sudut Pandang

Peran sebuah media berita yang sekarang ini mulai banyak bergeser pada kepentingan-kepentingan perorang atau kelompok. Banyak berita yang dibuat hanya untuk kepentingan tertentu dan kurang didasari dengan fakta sebenarnya. Hal ini tentu menjadi sebuah hal yang perlu dikaji dan ditinjau kembali, mengingat fungsi dari media berita adalah untuk menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang ada.

Namun media berita sekarang ini lebih condong untuk membuat sebuah argumen atau mengiring sebuah pemikiran tentang sesuatu berita. Tidak jarang juga sebuah berita di sampaikan dengan pola pandang dari opini dari penulis yang menyebabkan informasi yang disampaikan menjadi kurang proporsional.

Selain itu penyebaran sebuah berita yang cepat dan instan menjadikan sebuah berita yang kurang jelas atau tidak memiliki landasan dengan mudah tersebar secara luas oleh pengguna media sosial yang malas dan enggan meninjau dan membaca terlebih dahulu isi dari sebuah konten berita tersebut.

Sebagai pembaca berita tentu kita juga harus memiliki landasan pada sebuah informasi dengan melakukan peninjauan atau melihat dari mana sumber berita dan kejelasan informasi didalamnya. Jangan sampai kita justru berperan aktif dalam menyebarkan sebuah kebohongan dari sebuah informasi. Terima kasih