Posted by : Dedi Mukhlas Kamis, 23 Maret 2017

Beberapa waktu lalu terjadi demo yang dilakukan oleh Supir Angkot di Malang terhadap aktivitas atau operasional Ojek Online di Kawasan Kota Malang. Dimana banyak dampak yang ditimbulkan dari operasional yang dilakukan oleh Ojek Online. Namun sebelum membahas lebih jauh soal permasalahan yang terjadi, kita akan bahas soal dampak negatif dan positifnya dari sudut pandang penulis sebagai pengguna angkutan umum.

Dampak Negatif dan Positif Ojek Online Malang
Sumber: https://dioardi.files.wordpress.com/2015/08/gojek-vs-ojek.jpg
Secara garis besar memang akan ada dampak negatif dan positif dari sebuah Inovasi, khususnya Teknologi. Pada awal ini akan coba kita bahas sedikit dampak negatif yang ditimbulkan dengan adanya operasional Ojek Online di Area Malang.
  • Berkurangnya Penumpang Transportasi Umum
    Dampak yang sangat dirasakan sekarang ini adalah kurangnya penumpang pada angkot dan tukang ojek konvensional.
  • Rawan Kejahatan
    Tidak dipungkiri juga ada dampak kejahatan baru yang ditimbulkan dari sebuah kegiatan transasksi Ojek Online.
  • Rawan Penipuan
    Tak jarang ada beberapa tukang ojek online yang nakal dengan tidak memberikan uang kembalian dengan alasan tidak ada uang kembali dan lain sebagainya.
  • Main Srobot Penumpang
    Salah satu yang menjadi kendala atau kengawuran tukang ojek online yang tidak sesuai adalah mengambil penumpang yang tidak melalui aplikasi.
Beberapa dampak diatas tentu memberikan masalah dan tantangan baru bagi pemilik supir angkot atau transportasi konvensional lainnya. Namun ada juga dampak positif dari Ojek Online di Malang.
  • Jarak Tempuh Yang Cepat
    Dengan adanya ojek online, kita bisa memilih tujuan kemana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan, dan tanpa adanya "ngetam..." atau waktu tunggu yang lama.
  • Pembayaran Transparan dan Jelas
    Sistem pembayaran yang diterapkan di Ojek Online adalah berbasis aplikasi google maps dengan penjelasan jarak tempuh yang jelas dan sesuai.
  • Meningkatkan Penjualan UKM
    Salah satu layanan pembelian makanan di salah satu aplikasi ojek online secara tidak langsung membantu meningkatkan penjualan barang dan jasa pada sebuah usaha kecil menengah di Malang.
  • Layanan Ramah
    Kelebihan dari Ojek Online adalah layanan yang ramah kepada konsumen dengan ucapan dan bahasa yang sopan menjadikan konsumen nyaman menggunakannya.
Kini kembali kepada Anda dan pemerintah dalam menyelsaikan masalah dan memberikan solusi terbaik untuk kita semua, karena ada dampak positif dan negatif yang sudah dijelaskan di atas. Demikian sedikit pandangan penulis pada kejadian Demo Ojek Online di Kota Tercinta, Kota Malang.

Welcome to My Blog

5 Most Best Popular Post

Follow My Twitter

Join us With My G+

+ Copyright © Dedi Mukhlas - SEO Master Indonesia & Inspiration Technology Education | Development by Comedutec Network +

DMCA.com Protection Status