Follow My Twitter

hosting indonesia

Mengurus Surat Pindah Keluar di Mojokerto

Beberapa waktu lalu saya melakukan proses pindah dari Mojokerto menuju keluar daerah Mojokerto. Untuk itu pengalaman tersebut akan saya bagikan di artikel ini untuk membantu memberikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat yang memproses dokumen serupa. Sebelumnya saya jelaskan bahwa artikel ini dibuat pada bulan Januari 2019, jika ada perubahan aturan dan lain-lain tentu yang terbaru menjadi acuan.

Alur Proses pindah keluar di Mojokerto
Alur Proses pindah keluar di Mojokerto

Oke, langsung saja tahap pertama siapkan:
1. Kartu Keluarga (KK),
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih aktif;
3. Surat pengantar dari kelurahan/desa.

Untuk mendapatkan surat pengantar dari Keluarahan/Desa Anda wajib membawa KK Asli, dan KTP Asli. Selain itu siapkan juga foto copy KK dan KTP masing-masing 3 kali untuk jaga-jaga. Baik, tahap selanjutnya adalah datang ke kantor desa/kelurahan, datang ke skeretaris dan jelaskan keperluan yang akan di maksudkan.

Jika dokumen lengkap, Anda akan diberikan blangko KK Baru dan dibuatkan surat pengantar ke Kota/Kab. Selanjutnya jika dokumen sudah di tanda tangan oleh kepala desa/pejabat terkait, Anda bisa menuju ke Dukcapil Kota/Kab.

Untuk Dukcapil Mojokerto sudah sangat keren, menurut penulis karena punya slogan “Salam 30 Menit” jadi selama 30 menit proses Anda tuntas dan beres. Selain itu saat awal datang ada tim di depan yang akan mengecek dokumen Anda dan memberikan informasi, ini yang menurut saya sebagai layanan terpadu yang menyenangkan.

Selanjutnya Anda diberikan nomor Antrian dan masuk untuk menyerahkan berkas dan menunggu. Jika dokumen Anda sudah lengkap, Anda tinggal duduk dan mendengarkan panggilan. Selain itu Anda bisa makan jajan diluar kawasan Dukcapil. Jika sudah di panggil, Anda akan mendapatkan 2 dokumen baru, yaitu surat pengantar ke desa/kab dan cetakan KK Baru yang sudah dihapuskan nama saya. He...he...

Sampai disitu sudah selesai, dimana status saya sudah tidak sebagai warga Mojokerto alias masih belum jelas. Selanjutnya saya datang ke kota tujuan untuk memasukan surat pindah datang. Berbeda ya, Surat Pindah Keluar dengan Surat Pindah Datang. Oke, itu dulu sedikit cerita proses surat pindah keluar dari Mojokerto. Semoga bermanfaat salam Inspirasi.

Post a Comment

0 Comments