Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu GSpace? Wajib Punya di Produk Huawei

Apa itu GSpace? Wajib Punya di Produk Huawei

Baru punya produk Huawei? Jika Anda baru memilikinya, mungkin akan tidak ada kendala yang berarti. Terlebih hanya digunakan untuk mencari hiburan dari Tiktok. Namun akan ada kendala yang sangat komplek jika Anda menggunakannya untuk mengakses Youtube. Mungkin ada pertanyaan dalam hati “Lo kok tidak ada Youtubenya?”. Bagi yang awam akan merasa heran dan bingung, dimana aplikasi Youtubenya?. 

Sebelum kita berbagi informasi tentang GSpace, kita melihat sejarah kebelakang dulu kenapa Huawei tidak punya layanan Google Mobile Service (GMS). Jadi kebijakan Amerika yang merasa tidak aman dengan Produk Huawei akhirnya meminta Google untuk stop layanan ke mereka. Sehingga layanan tidak bisa dipakai pada produk Huawei di tahun-tahun sebelumnya.

Namun kreativitas dunia perangkat lunak juga berkembang, salah satunya adalah GSpace. Sebuah aplikasi yang menjembatani layanan Google dengan produk Huawei. Sebagai bahasa sederhananya, GSpace adalh emulator untuk menjalankan GMS. Sehingga layanan seperti Youtube, Drive, Google Doc, dan Gmail bisa berjalan dengan sempurna.

Siapa yang membutuhkan GSpace? Tentu Anda yang memiliki produk Huawei dan sudah lama terbiasa dengan layanan dari Google. Misalnya Anda pengguna layanan dari Google Doc, dimana Anda akan merasa tidak nyaman jika membuka layanan tersebut via Browser. Karena tidak bisa melakukan Shortcut Copy, Cut, dan Paste secara normal pada aplikasi. 

Kebutuhan akan layanan Google tersebut secara tidak langsung menjadikan GSpace sebagai solusi terbaik untuk perangkat Huawei. Karena ada kelebihan produk Huawei yang handal dan terjangkau. Kekurangannya hanya tadi, kendala pada ekosistem Google. Sehingga dengan GSpace menjadi opsi terbaik tetap bisa mendapatkan perangkat berkualitas dengan layanan Google.

Bagaimana cara mendapatkan GSpace? Layanan AppGallery dari Huawei menyediakan GSpace dan Anda tinggal melakukan instalasi saja. Download dan tunggu proses instalasi, selanjutnya buka dan login seperti biasa pada akun Google. Secara default layanan GSpace adalah GRATIS, namun ada beberapa fitur yang dibatasi. Jika Anda memang membutuhkan, saran saya ambil paket yang VIP dengan tidak perlu berlangganan. Harga Paket VIP kisaran 289.000,-. Anda akan hemat banyak, jika dibandingkan dengan berbayar bulanan. 

Pertanyaan terakhir mungkin ada yang bertanya apa GSpace aman? Sejauh ini tidak ada kendala atau keamanan yang krusial yang saya rasakan. Selain itu pada halaman GSpace juga dijelaskan bahwa mereka tidak menyimpan data-data penting kita. Pada kejadian ini kita juga secara tidak langsung belajar untuk tidak tergantung pada satu layanan secara 100%. Semoga bermanfaat penjelasan tentang GSpace ^DM