Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Kebutuhan Sebelum Membeli Produk Huawei

Cek Kebutuhan Sebelum Membeli Produk Huawei

Membeli sebuah perangkat kerja, baik hp, tablet, laptop, atau komputer tentu harus sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai tujuan membeli perangkat baru agar memudahkan pekerjaan, justru menjadi mempersulit kerja. Seperti yang saya rasakan saat membeli perangkat Matepad 11. Dimana perangkat tersebut tidak mendapatkan layanan GMS.

Awal saya kira “Ah ya sudah la, nanti bisa download dari berbagai website APK lain…” eh ternyata tidak semudah itu. Ada banyak kendala karena kita sudah terbiasa dengan berbagai ekosistem Google. Salah satu yang menyebalkan buat saya adalah akses ke-Google Doc. Tapi sebelum kita bahas lebih jauh, saya akan bercerita pekerjaan yang biasa saya jalankan bersama ekosistem Google. Layanan Google yang sering kita gunakan:

  1. Chrome
  2. Gmail
  3. Google Document / Sheet
  4. Drive
  5. Photo

Pada layanan Chrome mungkin kita bisa pindah ke Opera, Mozilla, atau browser bawaan dari Huawei. Drive dan Foto juga tidak ada masalah jika diakses melalui browser dengan pihak ke-3. Namun kendala nyata yang sangat menyebalkan ada pada Google Document dan Sheet.

Hal ini karena tidak bisa melakukan copy dan paste pada saat membuka dokumen online tersebut. Sedangkan saya biasa mengerjakan dokumen dan keuangan dengan menggunakan layanan cloud google document tersebut. Tidak hanya Gratis, layanan penyimpanan tersebut sangat bermanfaat untuk saya yang tinggal di pelosok karena sering mati lampu. Sehingga mengerjakan dokumen via Cloud sangat mengamankan data yang sedang dikerjakan.

Membeli perangkat Matepad 11 Huawei tersebut dapat membantu pekerjaan, namun kendala pada google document tersebut sangat menyebalkan. Akhirnya saya coba cari informasi, bagaimana cara agar bisa akses google document di perangkat Huawei? Saya coba cari di Google dan menemuka “GSpace”. Sebuah perangkat aplikasi tambahan yang mampu menjalankan dengan lancar GMS.

Pada layanan GSpace langsung saja ambil layanan VIP yang membayar kisaran 300.000,- an. Masukan akun Google dan Alhamdulillah berjalan normal dengan baik. Pada layanan GSpace akhirnya bisa menggunakan Google Document dengan lancar. Mungkin buat beberapa orang tidak ada masalah tanpa layanan GMS, namun untuk kebutuhan saya kurang optimal tanpa GMS.

Hal ini saya lakukan karena menggunakan aplikasi dari pihak ke-3 merasa kurang aman, karena akun Google saya pakai untuk berbagai keperluan pekerjaan dan data lainnya. Jadi kesimpulan dari proses diatas saya sarankan untuk melakukan cek kebutuhan Anda terlebih dahulu sebelum yakin untuk membeli perangkat Huawei. Semoga ulasan tersebut bermanfaat, Salam Sehat.