Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggabungkan 2 File PDF Jadi 1 GRATIS

Cara Menggabungkan 2 File PDF Jadi 1 GRATIS

Beberapa waktu lalu seorang teman menanyakan hal ini “Bagaimana cara menggabungkan dua file PDF menjadi satu file PDF?”. Untuk yang sudah tahu caranya akan merasa hal tersebut menjadi hal yang gampang dan sederhana. Tetapi tidak, untuk orang yang tidak tahu dan baru pertama memikirkan bagaimana cara menggabungkan 2 file PDF menjadi 1 file.

Alasan Keperluan Menggabungkan File PDF

Sebelum kita bahas lebih jauh lagi terkait bagaimana caranya, kita kenali dulu kenapa orang perlu panduan ini. Jika dari pengalaman hal untuk menggabungkan file PDF menjadi satu ini biasa kita alami saat sedang membuat cover, atau untuk keperluan administrasi.

Sebagai contoh si Joko harus upload lamaran kerja dengan melampirkan 1 file PDF data diri dan 1 file PDF riwayat pekerjaan. Jika harus upload 2 file tentu akan merepotkan, kemudian syarat di form upload hanya 1 file PDF dan dengan kapasitas tertentu. Cara merge PDF tersebut diperlukan saat itu, jadi kenapa Anda wajib bisa dan minimal tahu.

Tutorial Cara Menggabungkan File PDF

Oke, baru kita akan masuk ke dalam cara panduan dan tutorialnya. Pertama kita siapkan dulu file PDFnya dengan nama, misalnya 1_FileNama, 2_FileNama. Kenapa dibuat demikian, agar nanti memudahkan sistem mengurutkan secara otomatis. Memang sudah ada fasilitas mengurutkan nanti saat setelah upload. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama aktifkan internet dulu atau jaringan data Anda.
  2. Buka situs https://smallpdf.com/ dan tekan pada menu “MERGE”.
  3. Tekan tombol “Choose File…” pilih file pada komputer.
  4. Upload file dan tunggu sampai proses upload berhasil 100%.
  5. Maka akan muncul tampilan konfirmasi untuk mengurutkan.
  6. Jika sudah oke, proses Merge. Tunggu ya, sampai 100%.
  7. Download hasilnya dan selamat menikmati.

Bagaimana gampang banget bukan? Hanya 7 langkah Anda sudah bisa melakukan merge atau menggabungkan dua file pdf menjadi satu. Bagikan cara ini pada teman Anda atau rekan kerja agar bermanfaat, salam tutorial bermanfaat.