Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Mudik Penting Bagi Ekonomi Negara

Kenapa Mudik Penting Bagi Ekonomi Negara

Tradisi mudik memang menjadi hal yang lumrah di Indonesia, khususnya warga kita tercinta. Mudik adalah waktu yang penting dalam satu tahun untuk berjumpa dengan keluarga dirumah. Selain itu proses perjalanan dari desa ke kota juga akan memiliki dampak bagi masyarakat selama perjalanan.

Pada artikel kali ini kita akan ulas sedikit sudut, khususnya sisi ekonomi bagi masyarakat Indonesia. Sejak pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia 2 tahun lalu, berdampak juga pada kesempatan mudik di Indonesia. Banyak larangan dan batasan-batasan yang diterapkan untuk menjaga penyebaran virus.

Namun tahun ini akan jadi berbeda dengan 2 tahun sebelumnya, karena virus sudah mulai hilang dan daya tahan masyarakat juga semakin baik. Hal ini sudah terbukti dari sejak pertama kegiatan mudik, hampir semua jalan raya padat dan macet, bahkan macetnya menjadi terpanjang sepanjang sejarah. Itu sangat normal karena 2 tahun bukan waktu yang sebentar untuk menahan rasa mudik ke kampung halaman.

Oke, kita lanjutkan pembahasan ulasan soal ekonomi pada sudut pandang kegiatan mudik tahun 2022 ini. Secara sederhana dampak sebuah kegiatan mudik akan memutar, memindahkan, pertukaran, sebuah nominal uang dari satu orang ke orang lain secara massal.

Proses tersebut yang akan memberikan dampak besar dalam pergerakan ekonomi sebuah negara. Uang dari orang yang mudik akan bergerak dari proses berikut:

  • Logistik, maksudnya persiapan mudik membeli bahan makanan dan minuman, kemudian BBM untuk transportasi dan sebagainya.
  • Perjalanan, pada sisi ini ada yang rehat untuk makan dan minum di warung makan, tempat rest area dan sebagainya.
  • Kampung Halaman, memberikan rezeki kepada saudara dan warga sekitar. Seperti sangu (uang) untuk saudara dan kerabat.
  • Toko Oleh-Oleh, juga memberikan hadiah khas dari daerah asal atau sebaliknya untuk dibawah kembali.
  • Tempat Wisata, pasti perlu wisata liburan untuk dijalankan bersama-sama dengan keluarga.

Penarikan uang tunai juga akan berdampak pada warga sekitar yang menjadi tujuan mudik. Lalu kenapa perputaran uang di masyarakat penting? Hal ini tidak lain karena akan mengerjakan semua bidang usaha, baik wisata, makanan, jasa, dan lainnya.

Pergerakan tersebut yang menjadikan sebuah negara berjalan dengan optimal dan menjadikan daya beli masyarakat juga akan naik karena punya uang atau pendapatan. Semoga mudik kali ini menjadi berkah untuk semuanya, salam Sehat Indonesia.