Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Pemberat Balon dari Tutup Botol Bekas

Buat Pemberat Balon dari Tutup Botol Bekas

Memiliki anak kecil yang masih berusia 3-5 tahun atau yang biasa disebut dengan balita, pasti suka dengan mainan balon. Salah satu balon yang banyak dijual di sekitar jalan raya adalah balon udara dengan bentuk lucu dan unik. Ada yang mulai dari bentuk ikan, upin, doremon, kuda, sapi, dan lainnya.

Jika Anda pernah membeli salah satu balon tersebut tentu akan mendapatkan sebuah bandul (pemberat) untuk menjaga balon agar tidak terbang. Namun untuk mainan anak balita batu yang dipakai ini terasa berbahaya khususnya jika dijadikan bahan lempar-melempar.

Membuat Pemberat Balon dari Tutup Botol Bekas

Namun, Anda tidak perlu bingung untuk menjaga anak agar bermain dengan gembira. Pada artikel ini akan dibagikan contoh memanfaatkan media botol bekas untuk pemberat balon udara. Jika dirumah ada bekas botol teh pucuk, atau sejenisnya jangan dibuang ya.

Pastikan untuk memiliki dua tutup botol, kemudian dipotong salah satu bagiannya dan satunya diambil satu lagi untuk sisi lainnya. Kemudian buatkan lubang pada salah satu tutupnya, kecil saja. Kemudian berikan perekat atau lem untuk sisi lainnya agar menempel dengan sempurna.

manfaat tutup botol bekas untuk pemberat balon udara

Selanjutnya masukan benang dari balon udara yang sudah Anda beli tadi kedalam salah satu lubang tutup. Putarkan benang pada salah satu tutup untuk mengunci agar kuat. Anda juga bisa membuat simpul pada ujung tali ada ada benjolan yang menahan benang dengan maksimal.

Berikut beberapa contoh pemanfaatan tutup botol bekas untuk pemberat mainan balon. Alat ini sederhana tapi aman untuk anak-anak jika dijadikan bahan saling melempar atau terkena kepala, karena tidak terlalu keras atau sakit. Demikian informasinya, semoga bermanfaat untuk bapak-bapak di Indonesia. Salam bahagia, anak ceria.